Selasa, 17 Januari 2012

Bunga Teratai

Bunga Teratai yang mekar paling lebar di kolam :)

dan ini ada sebuah artikel yang saya copas dari http://sausanatika.wordpress.com
Selamat Membaca :)

TERATAI
Sebagai tanaman air yang POPULER di berbagai belahan dunia, teratai memiliki keistimewaan yakni menjadi tanaman yang banyak menyuntikkan INSPIRASI pada kaum penyair maupun penggubah lagu. Selebihnya, berbagai bangsa di muka bumi menempatkan tumbuhan air ini dalam posisi SARAT NILAI.
Banyak kisah mengenai bunga ini. Dalam astrologi, masyarakat Mesir Kuno menggunakan bentuk teratai sebagai simbol matahari terbit. Dalam ajaran Buddha menegaskan bahwa proses mekarnya bunga teratai merupakan lambang pencapaian KESEMPURNAANmenuju nirvana. Dalam Hindu, teratai merupakan perlambang KEMURNIAN. Selebihnya, bunga teratai kerap dijadikan simbol kecantikan fisik wanita. Beberapa perguruan tinggi terkemuka di tanah air juga menggunakan bunga teratai sebagai logo lembaga pendidikannya.
Dari kehidupan teratai yang dapat ditarik banyak pelajaran. Apabila air pasang, teratai naik. Bila air surut teratai pun turun. Daun teratai yang senantiasa mengapung rata di permukaan air tak pernah kotor sekalipun hidup di air keruh. Bunga yang muncul dari dalam air itu tetap bersih, segar dan indah. Akar yang kait-mengait dalam dasar kolam membuat teratai tidak gampang meninggalkan hidupnya. Semua itu melambangkan sikapKEMATANGAN dan KEMAPANAN, dan KEJUANGAN serta sikap CINTA TANAH AIRyang telah menghidupinya.
Teratai merah/lotus (salah satu jenis teratai) melambangkan KESUCIAN. Teratai merah membangun kehidupan harmoni dengan lingkungannya tanpa mengorbankan jati dirinya. Ia tetap bersih sekalipun air di sekelilingnya kotor. Keindahannya terjangkau oleh siapapun dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.
Teratai memang bukan bunga yang harum semerbak, tetapi keberadaannya mampu membuat orang menoleh dan memperhatikannya. Tak peduli dia hidup di kolam gedung megah atau di kubangan lumpur belantara. Teratai merupakan bunga yang tak pernah mati saat kemarau melingkupi bumi, dia tetap hidup dalam umbinya, terpuruk dalam tanah kering kerontang. Tetapi begitu hujan datang, kuncup bunga akan segera mekar ditengah hijau dedaunan. Jadi, bunga teratai mampu memiliki PRINSIP HIDUP, mampu menghadapi TANTANGAN atas apa yang ada disekitarnya. Air boleh tercemar polusi, tapi teratai mampu mengatasinya karena ia akan tetap hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar